Pertumbuhan yang cepat adalah sinyal lain akan adanya krisis dalam teori bisinis organisasi. Setiap organisasi yang menjadi dua atau tiga kali
lipat besarnya dalam waktu singkat perlu memperluas teori bisnisnya.
Untuk mendiagnosis masalah sejak awal, seorang pemimpin harus
memerhatikan sinyal-sinyal peringatan. Teori bisnis menjadi usang ketika
suatu organisasi telah mencapai tujuan pertamanya.btercapainya suatu
tujuan, tidak menjadi alasan bahwa organisasi bisa terlena, melainkan
organisasi harus membuat pemikiran baru.
Seperti halnya contoh, AT&T telah mencapai misinya memberi akses
kepemilijan telepon bagi setiap keluarga dan bisnis di AS pada
pertengahan 1950. Kemudian beberapa eksekutif berkata bahwa sudah
waktunya untuk menilai kembali teori bisnis mereka dan, sebagai contoh,
memisahkan pelayanan lokal (yang tujuannya telah tercapai) dari
pertumbuhan dan bisnis di masa depan, yang dimulai dengan pelayanan
jarak jauh dan melakukan perluasan dalam telekomunikasi global. Argumen
mereka diabaikan, dan beberapa tahun kemudian AT&T mulai
menggelapar. AT&T hanya diselamatkan oleh peraturan anti-monopoli
yang dilakukan dengan kesanggupan untuk melakukan apa yang pernah
ditolak manajemen perusahaan.
Terdapat dua sinyal yang jelas ketika teori bisnis suatu organisasi
tidak lagi absah. Salah satunya adalah kesuksesan yang tak terduga, baik
perusahaan sendiri ataupun pesaing. Lainnya adalah kegagalan yang tak
terduga, baik perusahaan sendiri maupun pesaing.
Sebagai contoh, ketika impor mobil Jepang membuat Detroit's Big Three
terdesak, Chrysler mencatat kesuksesan tak terduga. Mobil penumpang
tradisionalnya memang kehilangan pangsa pasar lebih cepat dari General
Motor dan Ford. Tetapi Jeep dan minivan Chysler meroket. Pada saat yang
sama, General Motor menimpin pasar truk ringan di AS, dan tidak
tertandingi dalam disain serta kualitas produknya, tetapi GM tidak
memberi perhatian pada kapasitas truk ringannya. Bagaimanapun juga,
minivan dan truk ringan selalu dimasukkan dalam klasifikasi komersial,
bahkan kendaraan penumpang, walaupun dewasa ini sebagian besar dibeli
untuk digunakan sebagai kendaraan penumpang. Jika memerhatikan
kesuksesan peaaingnya yang lebih lemah, seharusnya General Motor
menyadari lebih cepat bahwa asumsinya tentang pasar dan kompetensi inti
tidak lagi absah. Sejak awal, pasar minivan dan truk ringan bukanlah
pasar kelas menengah atas dan hanya sedikit dipengaruhi oleh harga
perdagangan. Ironisnya, sejak 15 tahun yang lalu, General Motor telah
sukses dalam bidang produksi truk ringan yang sekarang ini kita sebut
pabrikan ramping.
Kegagalan tak terduga adalah peringatan yang sama dengan kesuksesan yang
tak terduga dan harus diperhatikan serius bagaikan serangan jantung
ringan pada pria berusia 60 tahun. Enam puluh tahun yang lalu Sears
menyadari bahwa kegagalannya sebagai pemasok investasi bagi keluarga AS
adalah kegagalan teorinya dan bukan sebagai insiden yang terpisah, Sears
mulai merestrukturisasi dan memosisikan ulang dirinya 10 tahun lebih
cepat daripada yang seharusnya dilakukan saat Sears masih memegang
kepemimpinan pasar yang substansial. Sears langsung menyadari,
sebagaimana dilakukan oleh J.C. Penney, bahwa kegagalan Dean Writter
telah membuang keraguan terhadap seluruh konsep tentang homogenitas
pasar, suatu konsep yang menjadi landasan strategi Sears dan peritel
massal lainnya selama bertahun-tahun. (Arh/hbr.org)
Home »
SEPUTAR MANAJEMEN
» DIAGNOSIS AWAL
DIAGNOSIS AWAL
Written By Unknown on 25/09/14 | 9/25/2014
Label:
SEPUTAR MANAJEMEN
Posting Komentar