Home » » BAKSO KELILING

BAKSO KELILING

Written By Unknown on 04/09/14 | 9/04/2014


Abang tukang bakso...
Mari-mari kemari...
Aku mau beli...
Abang tukang bakso...
Cepatlah kemari....
Saya sudah tak tahan lagi...

Sepenggalan syair lagu anak-anak yang pernah hits beberapa tahun kebelakang. Lagu yang terinsfirasi dari "jajanan" yang sudah begitu melekat di masyarakat Indonesia.

Bakso, walaupun bukan asli khas Indonesia dimana bakso merupakan produk impor dari negeri tiongkok. Bakso dibawa ke Indonesia melalui pedagang Tiongkok pada zaman "baheula" alias zaman dahulu. Setelah melalui modifikasi bahan dan bumbu yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Hingga kini bakso masih bertahan dan diminati masyarakat Indonesia. Bakso juga merupakan salah satu jajanan yang paling dicari. Walaupun, bakso sempat kehilangan pamornya akibat ulah segelintir oknum yang nakal dan tidak bertanggung jawab. Bahan olahan bakso mereka campur dengan formalin yang pada dasarnya adalah bahan berbahaya bagi tubuh manusia. Akibatnya kepercayaan masyarakat jatuh terhadap jajanan yang satu ini.

Namun hal itu tidak berlangsung lama setelah pemerintah turun tangan melalui BPOM menyidak dan memberantas oknum-oknum yang nakal. Perlahan jajanan bakso kembali pulih dan dipercaya masyarakat lagi.

Bakso walaupun sudah banyak yang menjajakannya namun peluang usaha dari jenis jajanan ini masih terbuka lebar. Dengan inovasi dan keuletan dalam menjalankan usaha ini maka keberhasilan akan didapat. Apabila tertarik untuk membuka usaha bakso, langkah utama yang harus dilakukan adalah mengadakan percobaan untuk dapat mengjasilkan produk yang baik dan sesuai kriteria. Lakukan ujicoba jangan sampai bosan dan menyerah manakala belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Catat dan timbang setiap bahan yang digunakan dengan terperinci catatan harus dibuat. Mulai dari membeli bahan dimana dan merk yang digunakan agat memudahkan kita menganalisa setiap hasil yang diperoleh. Intinya tetap semangat dan pantang menyerah, ingatlah Thomas Alfa Edison saja harus mengalami produk gagal hingga 999 kali sebelum menemukan produk yang sempurna.

Setiap selesai dalam percobaan bagikan hasilnya ke tetangga, saudara dan rekan kemudian mintakan pendapat kepada mereka tentang produk yang sudah dihasilkan. Pada akhirnya setelah kita mendapatkan produk utama dan segmen pasar sudah ditetapkan, selanjutnya kita pikirkan bagaimana calon konsumen dapat memperoleh produk yang kita jual?. Apabila kondisi modal kita pas-pasan namun kita masih memiliki sepeda motor kenapa tidak kita berjualan keliling untuk menjemput bola. Dengan berjualan keliling banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Pertama, kita jadi mengenal medan pertempuran, mengetahui segmen pasar, lebih dekat dengan konsumen dan mengenal akan kompetitor baik yang sejenis maupun bukan.
Kedua, brand produk yang kita usung menjadi dikenal luas dan ini adalah sebuah keuntungan yang sangat bagus. Dengan dikenalnya brand produk kita maka memudahkan bagi kita apabila kita mengembangkan usaha.

Apabila usaha kita sudah berkembang jangan lupa untuk mengikat usaha kita ke dalan badan hukum yang jelas, bisa berbentuk CV ataupun PT. Dan lengkapi perijinan lainnya seperti ijin yang dikeluarkan badan BPOM, Dinas Kesehatan dan juga sertifikat halal. Dengan terbentuknya usaha ke dalam wadah yang berbadan hukum yang jelas, ini akan sangat membantu kita pada saat pengembangan usaha selanjutnya dan juga usaha kita menjadi lebih kredibel dimata konsumen maupun stakeholder. (arh/berbagai sumber)
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger