Home » » SABUN COLEK B29

SABUN COLEK B29

Written By Unknown on 10/09/14 | 9/10/2014

Disekitar tahun 1930 terjadi suatu kejadian yang sempat membuat para ibu rumah tangga mengeluh dan kebingungan. Disebabkan terjadinya kelangkaan akan sabun untuk mencuci baju maupun untuk cuci piring bahkan untuk sekedar mandi. Kalaupun ada dipasaran harganya begitu mahal dan tak terjangkau. Tentu saja kejadian seperti itu membuat risau hati ibu-ibu pada waktu itu.

Melihat kejadian seperti itu sangat menyentuh hati seorang pemuda yang beenama Sewu Gunawan, seorang anak tunggal yang merantau dari Mojokerto Jawa Timur, Kala itu usia sewu Gunawan masih 16 tahun. Dari rasa kerihatinannya yang dalam, ia lantas putar otak agar dapat memenuhi kebutuhan para ibu rumah tangga dalam mencuci. Seorang remaja SMA yang sangat gigih, akhirnya mampu membuat sabun dengan harga yang jauh lebih murah dan ekonomis. Dengan bantuan seorang guru Kimia sebuah sekolah menengah, ia pun mencari bahan pengganti kaustik soda, bahan utama sabun saat itu dengan menggunakan bahan gula dari tebu.

Sekitar tahun 1942 barulah ia mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Sinar Antjol dan  pabrik rumahan pun ia bangun di lahan 300 meter persegi di Jalan Malaka, Jakarta Pusat. Kemudian Ia mendaftarkan produk hasil karyanya dengan brand B29 kepada pemerintah Hindia Belanda. Nama B29 ia lekatkan pada produknya, mengadopsu sebuah pesawat pengebom Amerika Serikat yang digunakan untuk menjatuhkan bom atom di dua kota di Jepang : Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya menghentikan perang dunia ke- II dengan kemenangan pihak sekutu.Tentunya harapan pak Sewu produk sabun colek buatannya dapat meringankan beban ibu-ibu dan meringankan biaya belanja mereka. Pabrik rumahan yang didirikannya juga memberikan nilai tambah sendiri bagi orang sekitar wilyah pabrik simana sekitar seratus orang direkrut Bpk. Sewu untuk ”mengaduk” bahan sabun dan mencetak B29.

Memang saat itu B29 masih belum dikenal luas oleh masyarakat luas. Namun swtelah produk twesebut diklankan dwngan bintang iklannya SURATMI, pelawak wanita bertubuh subur, yang nyaris setiap hari hadir di ruang keluarg membuat produk B29 menjadi dikenal luas
Suratmi memang jadi ikon sabun B29 sehingg pada nama belanknggnya tersemat B 29.  Ratmi B29 dengan gayanya yang kenes, ia membujuk para ibu untulkmemakai sabun krim B29. Bentuk krim, atau lebih dikenal ”colek”, meru-pakan terobosan baru di bidang sabun cuci saat sabun bubuk mewabah di Indonesia pada dekade 1970.

Hanya perlu waktu singkat bagi B29 masuk di hati ibu-ibu rumah tangga. Selain harganya murah, sabun itu banyak manfaatnya. Bisa membersihkan piring, pakaian, hingga cuci mobil. B29 langsung menguasai 80 persen pasar Indonesia. Suratmi sendiri, namanya menjadi sngat terkenal dan ia pun laris dunia hiburan pada zaman itu. Masa keemasan sinar antjol sungguh begitu indah, dimulai dengan misi menciptakan produk murah untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu di Indoesia. Serta inovasi dalam berkarya dimana saat itu B29 colek adalah sebuah produk yang hemat ongkos produksi karena tidak perlu menyediakan mesin pengering.

Dengan menciptakan rangkaian produk uang inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan orang banyak dan bukan hanya aemata-mata untuk meraih keuntungan materi. Ternyata menghasilkan timbal balik yang luarbiasa dan mendapatkan tempat dihati konsumen.bMisi yang diusung pt. sinar antjol dengan membuat produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen adalah sebuah misi yang luarbiasa baik. Hanya dengan memperhatikan apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana memenuhinya maka akan tombul suatu ikatan emosi antara produsen dan konsumen dan hal ini akan menumbuhkan tasa cinta dan kasih terhadap sebuah produk yang dihasilkanm (abya/sumber: 
sinarantjol.com)

Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger