Logo bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Meski begitu
tidak sedikit perusahaan yang tak memiliki logo untuk produk mereka. Logo
adalah sebuah simbol yang mengingatkan konsumen pada produk yang diproduksi
sebuah perusahaan. Simbol merupakan sesuatu yang mudah diingat dan sudah
menjadi kebiasaan bagi orang selalu mudah mengingat suatu simbol
dibandingkan dengan tulisan.
Logo dapat pula untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Selain itu logo dijadikan pula sebagai penilaian gengsi pemakainya. Coba kita perhatikan pada produk-produk fashion dimana simbol atau logo yang menempel pada produknya dapat menambah gengsi pemakainya. Seseorang yang memakai produk fashion Yves St. Laurent akan berbeda penilaian gengsinya dengan orang yang memakai produk biasa saja. Pemakaian logo kelas dunia kini menjadi bahagian dari gaya hidup masyarakat kita.
Oleh sebab itu, bagi para perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya logo pada sebuah kemasan produk sebagai strategi bisnis untuk memudahkan pemasaran, mereka sebagai pelaku bisnis atau sebuah perusahaan akan menjadikan logo produk sebagai salah satu media promosi terbaik. Dimana logo dalam kemasan produk mampu mengenalkan brand perusahaan kepada para konsumen dan calon konsumen.
Berikut ini adalah tips dan trik memilih logo produk untuk kemasan produk yang menarik, keren dan elegan.
Pertama, buatlah logo yang mudah diingat oleh target market. Buatlah logo sesuai dengan pesan produk yang ingin diangkat sehingga bisa membantu para konsumen dan calon konsumen untuk mengingat produk tersebut. Membuat logo yang mudah diingat bukan berarti bahwa logo harus dibuat sesederhana mungkin karena logo dengan bentuk yang simetris dan rumit akan mudah diingat dan diterima oleh orang serta dipresepsikan sebagai perusahaan yang terpercaya.
Logo dapat pula untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Selain itu logo dijadikan pula sebagai penilaian gengsi pemakainya. Coba kita perhatikan pada produk-produk fashion dimana simbol atau logo yang menempel pada produknya dapat menambah gengsi pemakainya. Seseorang yang memakai produk fashion Yves St. Laurent akan berbeda penilaian gengsinya dengan orang yang memakai produk biasa saja. Pemakaian logo kelas dunia kini menjadi bahagian dari gaya hidup masyarakat kita.
Oleh sebab itu, bagi para perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya logo pada sebuah kemasan produk sebagai strategi bisnis untuk memudahkan pemasaran, mereka sebagai pelaku bisnis atau sebuah perusahaan akan menjadikan logo produk sebagai salah satu media promosi terbaik. Dimana logo dalam kemasan produk mampu mengenalkan brand perusahaan kepada para konsumen dan calon konsumen.
Berikut ini adalah tips dan trik memilih logo produk untuk kemasan produk yang menarik, keren dan elegan.
Pertama, buatlah logo yang mudah diingat oleh target market. Buatlah logo sesuai dengan pesan produk yang ingin diangkat sehingga bisa membantu para konsumen dan calon konsumen untuk mengingat produk tersebut. Membuat logo yang mudah diingat bukan berarti bahwa logo harus dibuat sesederhana mungkin karena logo dengan bentuk yang simetris dan rumit akan mudah diingat dan diterima oleh orang serta dipresepsikan sebagai perusahaan yang terpercaya.
Kedua, logo produk harus berbeda dari para pesaing lainnya. Pembuatan logo
untuk kemasan produk yang unik dan berbeda dengan pesaing lainnya sangat
membantu program branding dan pemasaran untuk memenangkan pangsa pasar. Maka,
sebaiknya Anda menghindari pembuatan logo yang hampir sama dengan logo
perusahaan besar, karena hal itu justru akan menurunkan kredibilitas perusahaan
dan menandakan bahwa kita adalah salah satu korban dari program branding
perusahaan lain, sehingga perusahaan kompetitor menganggap bahwa logo yang
dimilikinya adalah logo yang paling baik dan elegan.
Ketiga, logo harus bersifat abadi atau tidak berubah. Strategi bisnis lainnya dalam memilih logo adalah hindari mengikuti tren yang belum tentu sesuai dengan visi dan misi dari sebuah perusahaan. Intinya dalam pembuatan logo ini mewakili dari visi dan misi serta dapat menggambarkan nilai dari sebuah perusahaan.
Keempat, logo produk mudah diaplikasikan pada media yang digunakan untuk kemasan produk. Logo perusahaan yang dipilih pastinya akan diaplikasikan pada kemasan produk, oleh sebab itu maka logo haruslah bisa dicetak dalam berbagai ukuran dan jenis kemasan produk, baik kemasan produk dari kertas, aluminium foil, plastik, kaca dan lain sebagainya. (Arh/ sumber gambar: frontier.co.id)
Ketiga, logo harus bersifat abadi atau tidak berubah. Strategi bisnis lainnya dalam memilih logo adalah hindari mengikuti tren yang belum tentu sesuai dengan visi dan misi dari sebuah perusahaan. Intinya dalam pembuatan logo ini mewakili dari visi dan misi serta dapat menggambarkan nilai dari sebuah perusahaan.
Keempat, logo produk mudah diaplikasikan pada media yang digunakan untuk kemasan produk. Logo perusahaan yang dipilih pastinya akan diaplikasikan pada kemasan produk, oleh sebab itu maka logo haruslah bisa dicetak dalam berbagai ukuran dan jenis kemasan produk, baik kemasan produk dari kertas, aluminium foil, plastik, kaca dan lain sebagainya. (Arh/ sumber gambar: frontier.co.id)
Posting Komentar