Home » » Strategi Pemasaran Sederhana Untuk Bisnis Kecil

Strategi Pemasaran Sederhana Untuk Bisnis Kecil

Written By Unknown on 03/10/14 | 10/03/2014



Ketika kita telah memutuskan untuk memulai bisnis baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pengembangan basis pelanggan melalui marketing atau pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk menunjang suatu keberhasilan dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis kecil. Pemasaran terdiri dari merek, promosi, iklan dan hubungan masyarakat. Dalam strategi pemasaran juga terkadang berbicara mengenai produk, harga, promosi dan juga penempatan.
Dengan menerapkan cara dan strategi pemasaran yang baik maka bisnis yang dijalankan bisa memperoleh pemasukan atau pendapatan sesuai dengan yang diinginkan tanpa terkecuali bisnis kecil. Ada banyak hal yang mendasari strategi pemasaran sehingga dapat dikatakan berhasil dan sukses, namun tujuan utama dari suatu pemasaran itu sendiri bukanlah keuntungan semata, akan tetapi juga mengibarkan nama perusahaan hingga dapat dikenal oleh konsumen dan calon konsumen. Strategi pemasaran sejatinya membawa nilai dari sebuah perusahaan, bukan semata meraup keuntungan demi keuntungan. Dengan semakin ketat dan kompetitipnya persaingan pasar, memacu setiap perusahaan untuk lebih agresif dalam memasarkan produknya. Lebih daripada itu, mengutip perkataan Peter F. Drucker, inti dari dibangunnya perusahaan adalah untuk melayani, bukan semata meraup laba dan ditengah persaingan ketat hanya perusahaan yang inovatif dapat bertahan serta bertumbuh.

Berikut ini ada beberapa tips sukses dari strategi pemasaran untuk bisnis kecil yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk.

Riset pasar
Riset pasar dapat dilakukan melalui survey, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya kemudian buatlah analisis pasar untuk bisnis kecil Anda. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan bisa mengetahui berapa harga yang cocok dan layak untuk produk maupun jasa yang ditawarkan.

Tetapkan anggaran pemasaran
Alokasikan dana pemasaran yuntuk membuat sebuah kemasan produk, promosi, iklan dan juga publisitas. Ingatlah bahwa bisnis kecil juga membutuhkan sebuah anggaran atau dana untuk mempromosikan produk, misalnya dengan membuat brosur dan promosi lainnya.

Pasarkan produk dari mulut ke mulut
Cara yang paling mudah dan cepat untuk mempromosikan suatu produk atau bisnis adalah dari mulut ke mulut. Beritahukan bisnis kecil yang dijalankan kepada semua keluarga, teman, tetangga dan masyarakat umum lainnya tentang bisnis yang Anda jalankan. Jika mereka puas dengan produk dan juga pelayanan Anda maka tidak menutup kemungkinan hal itu bisa mendorong mereka untuk memberitahukannya pada orang lain.

Membuat website untuk bisnis kecil Anda
Jika Anda tidak mampu atau tidak memiliki biaya untuk menyewa seorang desainer web, maka mintalah bantuan pada teman maupun keluarga untuk membantu Anda dalam membuat sebuah website toko online. Meskipun website yang Anda buat hanya untuk mempromosikan sebuah bisnis kecil, namun pastikan bahwa dalam website tersebut bebas dari kesalahan ketik, link yang rusak atau hal apa saja yang akan membuat website Anda tidak tampak profesional. Gunakan pula hosting yang handal sehingga website Anda dapat dengan mudah dilihat.

Akrab dengan media
Temukan sebuah cara agar bisnis kecil Anda diwawancarai oleh sebuah surat kabar maupun lembaga penyiaran lokal. Buatlah diri Anda menjadi seseorang yang mudah diakses oleh mereka para awak media. Promosikan diri Anda sebagai seseorang yang ahli di bidang bisnis tersebut, dan Anda siap untuk diwawancara kapan pun juga. (Arh/ sumber gambar: kampus-pengusaha.com)
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger