Home » » Cara Jitu Menghitung Modal

Cara Jitu Menghitung Modal

Written By Unknown on 02/10/14 | 10/02/2014

Judul buku  : Cara Jitu Hitung Modal Usaha
Penulis : Wulan Ayodya
Jenis buku. : Entrepreneurship
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo - Jakarta
ISBN. : 9789792778465
Tebal halaman : vii + 159
Tahun terbit : 2010

Tentang Penulis :
Wulan Ayodya lahir di jakarta pada tahun 1973. Ia sudah memulai usaha sejak bangku sekolah pertama dan kosisten dibidangnya. Usaha yang digelutinya hingga kini adalah lembaga kursus, pompa bensin, dan berpatner dalam usaha lainnya. Dengan bekal pengalaman praktis selama bertahun-tahun, Wulan ingin berkonsentrasi pada bidang pendidikan wirausaha, khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM).

Demi kecintaannya pada dunia usaha, Wulan mendirikan UKMKU yang merupakan lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. UKUMKU memberikan pelatihan untuk membimbing pserta berwirausaha dengan teknik sederhana tapi tepat guna sehingga peserta dapat langsung belajar membuka usaha sendiri. Dengan metode penggabungan ilmu formal dan pengalaman di lapangan, UKMKU telah berhasil mencetak banyak pengusaha baru dan eksis sampai saat ini.

Saat ini Wulan Ayodya banyak menjalain kerja sama dengan berbagai perusahaan papan atas, beberapa instansi pemerintah, dan organisasi kemasyarakatan untuk membuat program-program pemberdayaan masyarakat kecil, khususnya dengan berwirausaha untuk meningkatkan ekonomi rakyat.

Dengan kemampuan dan pengalaman di bidang edukasi kewirausahaan, ia pernah bergabung dalam Tim Rhenald Khasali Manajemen untuk menjadi dosen wirausaha di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan (STEKPI).
Selain itu, Wulan memberikan edukasi dalam bentuk seminar dan buku-buku wirausaha yang di antaranya merupakan best seller, menjadi pengasuh rubrik karier dan UKM di tabloid Wanita Indonesia dan situs web www.ukmku.com yang memberikan berbagai informasi dunia usaha.

Tentang Buku :
Buku setebal vii + 159 ini membahas tentang usaha dengan fokus bahasan mengenai modal usaha. Cara pemaparan yang sederhana dan mudah dimengerti serta dengan gaya bahasa yang tidak kaku, membuat buku ini enak dibacanya. Dalam setiap bab bahasan senantiasa diberikan lampiran studi kasus yang sesuai dengan apa yang dibahas. Dengan adanya contoh-contoh studi kasus tentu lebih memudahkan bagi pembaca dalam mencerna satu bahasan yang dipaparkan oleh penulis. Paparan studi kasus yang di lansir dalam buku ini adalah hasil dari tulisan penulis dari ruang konsultasi bisnis yang di pandu oleh penulis di web  ukmku.com yang merupakan web milik penulis sendiri.

Beberapa diantara kita tentunya berkeinginan untuk berwirausaha, tetapi terkendala dalam hal modal. Urusan modal dalam memulai usaha sudah menjadi masalah generik. Orang yang berniat untuk berwirausaha, memiliki ide dan niat terkadang menjadi melempem manakala berurusan dengan masalah modal.

Dear UKMKU, saya seorang ibu rumah tangga yang berusia 32 tahun dengan 3 orang anak yang masih kecil-kecil. Suami saya seorang ONS, tapi ingin menambah pengjasilan tambahan karena semakin banyak kebutuhan yang mendesak. Saya punya keahlian memasak, apakah mungkin saya buka usaha dengan keahlian saya tersebut. Permasalahannya saya tak punya cukup modal untuk berwirausaha. Bagaimana cara mengatasi permasalahan modal ini? Mohon sarannya. Widyawati/0814949xxxx
(Bab 1 halaman 1, cara jitu hitung modal usaha)
Masih banyak lagi pertanyaan yang diajukan dalam seputar modal. Pada satu ini dipaparkan mengenai gambaran umum dalam memulai sebuah usaha, ragam jenis usaha, dan dasar-dasar permodalan dengan bahasa yang sederhana dan sangat menarik.

Pernahkah Anda mendengar cerita tentang sebuah usaha keluarga yang diwariskan pendahulunya kepeda penerusnya, tetapi kemudian perkembangannya merosot tajam hingga akhirnya bangkrut?. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pembekalan manajemen keuangan pada penerusnya. Ilmu manajemen keuangan usaha penting untuk dipelajari sebelum Anda memulai usaha.pengelolaan keuangan yang benar akan memudahkan Anda untuk memiliki usaha yang sehat dan dapat bersaing. Mengenai masalah manajemen keuangan ini dibahas secara lugas dan ringkas pada bab 2 dan bab 3. Dengan memilki pemahaman yang benar dalam manajemen keuangan, diharapkan seorang wirausaha akan dengan cepat mengetahui kesehatan usaha yang sedang digelutinya.

Sebelum benar-benar terjun ke bidang usaha dan total menggeluti usaha tersebut. Prioritas utama yang harus dilakukan adalah perencanaan usaha yang tepat guna, dan yang terpenting orientasi pada cara pemasarannya. Hal pemasaran memang sebaiknya menjadi salah satu prioritas dengan cara membuat strategi pemasaran yang jitu.

Tentunya bila langkah diatas telah dilaksanakan dengan baik kita akan dapat memperoleh seberapa besar anggaran untuk modal usaha yang akan dirintis. Pada bab 4 sampai dengan bab 6, pembaca akan menemukan jawaban mengenai masalah permodalan dan bagaimana memperoleh atau mendapatkan modal tersebut. Sebagai aplikator wirausaha, penulis memaparkan akan inti bahasan dari buku ini yaitu "cara jitu hitung modal usaha". Di bab 4 hingga bab 6 inilah mengenai permodalan dibahas secara terinci baik secara teori, aplikasi maupun contoh-contoh yang berkenaan dengan materi pembahasan.

Pada bab 7 dimana ini adalah bab terakhir. Di bab ini dipaparkan mengenai UKMKU, sebuah lembaga pelatihan kewirausahaan yang dikelola oleh penulis. Dimana pada bab ini dijelaskan dan dpaparkan secara ringkas mengenai pelatihan manajemen permodalan yang dilaksanakan di UKMKU. Dalam bab ini juga disertai dengan beberapa testimoni dari beberapa peserta pelatihan yang sudah berhasil dalam mengembangkan usahanya.

Buku sederhana namun bermanfaat ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi yang akan memulai usaha. Pemaparan dan pembahasan yang ringkas serta lugas dengan di inbuhi beberapa contoh kasus yang sesuai dengan bidang yang sedang dibahas. Namun sayang buku yang sangat bagus ini menjadi kurang maksimal, dikarenakan kertas yang digunakan bukannya berupa hvs putih. Sehingga tulisan yang tampak agak sedikit terlihat kusam. Mungkin hal ini dilakukan agar harga buku menjadi lebih terjangkau, tetapi apapun itu buku ini sangat bagus untuk dibaca bagi seorang pemula dalam dunia usaha. (Arh)

Sponsor Link : Lazada Vietnam
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger