Home » » Kejadian Tak Terduga

Kejadian Tak Terduga

Written By Unknown on 17/09/14 | 9/17/2014

Kesuksesan sebuah perusahaan atau industri kebanyakan berawal dari sebuah peluang inovasi. Pikirkan tentang sumber peluang inovasi termudah dan paling sederhana, yaitu sesuatu yang tidak terduga. Pada awal tahun 1930, IBM mengembangkan model mesin akuntinlg modern pertama yang dirancang untuk dunia perbankan. Tetapi tahun 1933, dunia perbankan tidak melakukan pembelian peralatan baru. Tentunya hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi IBM. Perusahaan terselamatkan oleh eksploitasi terhadap kesuksesan yang tidak terduga, yaitu ketika The New York Public Library berminat membeli mesin itu. Berbeda dengan dunia perbankan, pada awal era New Deal, perpustakaan memiliki dana, dan IBM menjual lebih dari 100 mesinnya yang tidak terjual pada perpustakaan

Lima belas tahun kemudian, ketika semua orang yakin bahwa komputer dirancang untuk pekerjaan ilmiah tingkat lanjut, secara tidak terduga dunia bisnis berminat pada mesin yang dapat melakukan pembayaran gaji. Univac, pemilik mesin tercanggih, menolak aplikasi bisnis ini. Tetapi IBM segera menyadari bahwa mereka mungkin menghadapi kesuksesan tak terduga. Mereka merancang ulang apa yang pada dasarnya adalah mesin univac untuk aplikasi biasa semisal penggajian, dan dalam waktu lima tahun berhasil menjadi pemimpin dalam industri komputer. Posisi yang dipertahankaannya sampai saat ini.

Kegagalan tak terduga dapat menjadi sumber peluang inovasi yang sama pentingnya. Setiap orang mengenai mengenal Ford Edsel sebagai kegagalan mobil baru terbesar dalam swjarah otomotif. Namun tampaknya ada segelintir orang yang tahu bahwa kegagalan Edsel adalah dasar bagi kesuksesan perusahaan selanjutnya. Ford merencanakan Edsel, mobil yang dirancang paling hati-hati pada saat itu dalam sejarah otomotif AS, untuk memberi sebuah lini produk lengkap menghadapi persaingannya dengan GM. Ketika mobil ini meledak dipasaran, walaupun semua perencanaan, penelitian pasar, dan rancangan dikerahkan untuk membuat mobil itu, ford menyadari bahwa sesuatu telah terjadi dalam pasar mobil yang membalikkan asumsi dasar yang digunakan oleh GM dan siapa pun yang lain yang telah merancang dan memasarkan mobil. Pasar tidak lagi disegmentasikan pada kelompok berpendapatan; prinsip segmentasi yang baru adalah apa yang sekarang kita sebut sebagai "gaya hidup". Respon Fors adalah Mustang, sebuah mobil yang memberikan kepribadian berbeda terhadap perusahaan dan memantapkan Ford kembali sebagai pemimpin dalam industrinya.
Kesuksesan dan kegagalan tak terduga adalah semacam peluang inovasi yang produktif karena sebagian besar bisnis mengesampingkannya, mengabaikannya, dan bahkan menyesalkannya. Padahal bila kita cerdas menanggapinya akan mendapatkan sebuah hasil yang diluar dugaan. Kegagalan tak terduga adalah sebuah peluang inovasi yang akan membawa kepada kesuksesan. (Arh/Peter F. Drucker/1967 hbr.org)
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger