Home » » BAKSO SAPI

BAKSO SAPI

Written By Unknown on 29/08/14 | 8/29/2014



Bakso sebetulnya berasal dari negeri Tiongkok yang dibawa oleh pedagang dari negeri Tiongkok pada zaman dahulu, mereka memperkenalkan bakso kepada penduduk  Indoneia dan mengajari cara membuatnya. Dengan modifikasi bahan dasar dan bumbu yang disesuaikan dengan citra rasa lidah orang Indonesia hingga kini bakso tetap bertahan dan menjadi salah satu makanan yang disukai orang Indonesia. 

Walaupun penjual bakso menjamur dipasaran, namun peluang dari penjualan makanan ini masih tetap terbuka lebar. Dengan metode ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) kita mampu bersaing dan menembus pasar yang terbuka lebar. Penikmat bakso biasanya di dominasi oleh kaum hawa dari ragam usia hingga ragam status sosial. Bakso tidak mengenal musim, baik itu musim hujan ataupun kemarau, makanan ini tetap diburu dan dicari oleh konsumen. Berangkat dari melihat sebuah peluang pasar yang bagus ini tidak ada salahnya bagi kita yang mungkin saat ini sedang dilanda PHK, atau yang ingin mencari penghasilan tambahan atau juga yang ingin memiliki usaha untuk menjajaki usaha kuliner dengan menjual makanan bakso. Namun, seringkali kita dikeluhkan dengan ketidak berdayaan untuk membuat bakso sendiri, tapi percayalah tidak ada yang tidak mungkin didunia ini dan kita pasti dapat membuat bakso sendiri. Intinya terletak pada kerja keras dan keuletan kita dalam menghasilkan bakso yang baik dan disukai oleh konsumen.

Sebelum kita membuat bakso ataupun yang lainnya, biasakan persiapkan alat mencatat setiap bahan yang digunakan secara detail. Hal ini sangat membantu kita dalam melakukan PERCOBAAN sehingga nantinya kita dapat menelaah dan mengetahui kekurangan atau kelebihan dari bahan-bahan yang kita racik. Sehingga pada akhirnya kita dapat memperoleh hasil yang sangat baik. Dalam pembuatan bakso, yang harus kita kerjakan adalah menimbang dan mencatat setiap bahan yang akan diolah, untuk itu gunakanlah timbangan yang bias menjangkau skala kecil yaitu 1 gram – 5000 gram.

Adonan Bakso sebetulnya hanya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu:
1.    Daging
2.    Tepung
3.    Bumbu
4.    Es

Selanjutnya yang harus kita pahami adalah konsep dari racikan adonan itu sendiri, dimana:
BERAT ADONAN KERING = BERAT DAGING + BERAT TEPUNG+ BERAT BUMBU
Seluruh komponen tersebut menghasilkan total komposisi 100% barulah nantinya ditambahkan ES dengan komposisi 20% - 40% dari total berat kering.


1.    Daging
Pilihlah daging yang memenuhi standar untuk membuat bakso, usahakan untuk selalu memilih daging yang segar dan bagus. Untuk mendapatkan daging yang baik sebaiknya kita memilih pedagang daging yang kompeten yang biasanya dapat kita peroleh informasinya dari kawan-kawan penjual bakso itu sendiri. Jika kita memfokuskan membuat bakso sebagai sarana usaha maka sangat dianjurkan bagi kita untuk melakukan kerjasama yang baik dengan pedagang daging hingga ketersedian bahan baku daging yang baik selalu tersedia.

2.    Tepung
Carilah penjual tepung yang baik hingga kita beroleh bahan yang berkualitas bagus, sebab peranan tepung dalam pembuatan bakso ini sangat penting. Biasanya tepung yang digunakan untuk adonan bakso adalah tapioka, namun ada juga yang mencampurnya dengan sagu.

3.    Bumbu
Bumbu yang dipergunakan dalam adonan bakso terdiri dari : bawang putih, bawang merah goring, merica, MSG, garam dapur, telur ayam, dan pengenyal (STTP food grade) total bumbu dari total adonan sebesar 10%.

4.    Es Batu
Es dalam adonan bakso ini jumlahnya sekitar 20% - 40% dari total adonan kering yang kita buat.

Setelah adonan bahan membuat bakso telah disediakan sekarang kita tinggal menentukan berapa komposisi daging yang akan kita pakai untuk membuat adonan bakso tersebut apakah 50%, 60%, 70%, 85% dari total berat adonan. Jika orientasi kita untuk jualan maka sangat penting apabila kita tentukan segmen pasar yang akan kita jangkau, semua ini tentunya akan berpengaruh pada harga jual dan profit yang akan kita peroleh.

Selanjutnya setelah kita tentukan segmen pasarnya maka kini kita tinggal membuat percobaan dalam membuat bakso itu sendiri, persiapkan alat tulis dan buat table dari komposisi bahan yang sudah kita tetapkan. Lalu semua bahan kita timbang dan catat satu persatu, kemudian kita amati hasil dari percobaan dengan komposisi yang sudah kita tetapkan. Amatilah hasilnya dan uji rasa, kekenyalannya dan bentuknya telah bagus atau tidak. Periksa step by step hasil percobaan kita dari mulai memilih bahan baku, menimbang, dan mengolah, adakah yang salah dari percobaan tersebut. Lakukan percobaan hingga mendapatkan hasil yang baik dan alangkah bagusnya bila setiap hasil percobaan yang kita lakukan di bagikan kepada  saudara, teman dan tetangga, kemudian mintakan pendapat  mereka tentang hasil racikan kita, catat dan rekam setiap masukan, lalu cek ulang hasil percobaan yang telah kita catat uji catatan trsebut dengan hasil jejak rekam dari para taster yang mencoba hasil olahan kita.

Apabila kita memiliki dana yang cukup, alangkah baiknya bila kita membeli peralatan penunjang dalam membuat bakso, belilah peralatan yang terjangkau dahulu yang skala rumahan, seperti alat penggiling daging manual, meat processing  standar rumahan dan untuk alat cetak gunakan dahulu secara manual. Jika modal sudah mencukupi barulah kita menggunakan peralatan yang standar untuk industry skala mikro dan untuk informasi tentang alat industri mikro untuk pembuatan bakso dapat diperoleh melalui media internet atau informasi dari kawan. (sumber: dari berbagai sumber)

Contoh Tabel percobaan
No
Keterangan
Jumlah
Harga
1
Daging Sapi
750
75.000
2
Tepung Tapioka
170
1.700
3
Bawang Putih
25
500
4
Bawang merah
15
300
5
Merica
5
200
6
MSG
8
500
7
Garam dapur
5
200
8
Telur Ayam
20
1.000
9
Pengenyal (Food Grade)
1
1.000
10
BTP (Food Grade)
1
1.000

Jumlah
1000 gram
81.400

Es Batu
300 gram
     500


Jumlah
81.900

Note:


1
Berapa buah bakso yg dihasilkan?


2
Bagaimana tekstur baksonya?


3
Bagiamana rasanya


4
Dan catatan penting lainnya



(ARH/ dari berbagai sumber)
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger