Dalam pameran ke-11 Malaysia
International Halal Showcase (MIHAS) 2014 yang berlangsung pada 9-12 April,
produk dari Indonesia begitu diminati, ini terlihat dari besaran transaksi yang
dicapai pada pameran tersebut dimana pada tahun ini nilai transaksi Indonesia dalam
pameran mencapai 2 juta dolar AS. Jauh dibandingkan tahun lalu senilai 500 ribu
dolar AS.
Jenis
produk yang banyak diminati terdiri dari kosmetik, kopi, cokelat bubuk,
kerupuk, hingga bumbu instan. Produk kosmetik dan busana muslim Indonesia juga
berpotensi melakukan kerja sama dengan Parkson, salah satu departemen store
terbesar di Malaysia. Saat ini sedang berencana mengembangkan segmen pasar
konsumen muslim.
Saat ini pasar produk halal secara global sedang tumbuh dan menjadi tren. Hal ini cukup menarik minat pelaku industri dunia. Dalam pameran terlihat banyak partisipasi dari negara mayoritas non muslim dibandingkan tahun lalu.Tren produk halal berkembang seiring peningkatan permintaan dunia. Selain itu juga sejalan dengan jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 2 miliar atau 23 persen dari penduduk dunia. Pola konsumsi masyarakat yang saat ini juga telah berubah mendukung produk halal menjadi tren makanan yang dicari.
Dengan potensi pasar yang begitu besar ini tentunya membuka peluang bagi kita agar dapat bersaing di dunia luar, hal ini tentunya menambah semangat baru bagi pelaku usaha Indonesia dan menjadi sebuah arah kebijakan jangka panjang untuk segera dapat menerobos celah peluang usaha yang luas ini.
Saat ini pasar produk halal secara global sedang tumbuh dan menjadi tren. Hal ini cukup menarik minat pelaku industri dunia. Dalam pameran terlihat banyak partisipasi dari negara mayoritas non muslim dibandingkan tahun lalu.Tren produk halal berkembang seiring peningkatan permintaan dunia. Selain itu juga sejalan dengan jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 2 miliar atau 23 persen dari penduduk dunia. Pola konsumsi masyarakat yang saat ini juga telah berubah mendukung produk halal menjadi tren makanan yang dicari.
Dengan potensi pasar yang begitu besar ini tentunya membuka peluang bagi kita agar dapat bersaing di dunia luar, hal ini tentunya menambah semangat baru bagi pelaku usaha Indonesia dan menjadi sebuah arah kebijakan jangka panjang untuk segera dapat menerobos celah peluang usaha yang luas ini.
Sementara itu jika melihat total
perdagangan antara Indonesia dan Malaysia ini, kedua negara tersebut sebesar 19
miliar dolar AS dari semua sektor industri. Sehingga membuat Indonesia menjadi
negara sumber impor ke enam dan negara tujuan ekspor ke sembilan bagi Malaysia.
Besarnya potensi ini semakin menjanjikan mengingat keduanya merupakan negara
dengan penduduk mayoritas muslim.(sy/ sumber:republika.co.id)
Posting Komentar