Home » » Membangun Kepercayaan Pelanggan

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Written By Unknown on 22/09/14 | 9/22/2014



Bisnis online terkadang mendapatkan  kesan kurang baik dimata  calon Pembeli. Kebanyakan pembeli di media online dihinggapi  rasa ketidakpercayaan. Mulai dari keraguan akan benar tidaknya situs toko online tersebut hingga takut mengalami penipuan. Rasa kurang percaya pada pelanggan seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan beberapa tips berikut.

Sediakan informasi yang dibutuhkan oleh pembeli

Di toko online, tentunya  pembeli tidak bisa mencoba produk yang akan ia beli. Misalnya, baju atau sepatu. Ia tak bisa memegang barang tersebut untuk mengetahui bahan dasar dari produk yang diinginkan. Untuk itu wajib bagi seorang penjual menuliskan informasi rinci mengenai produk tersebut. Mulai dari bahannya, ukurannya, warnanya, hingga model dari baju tersebut sealin tentunya foto produk itu sendiri.

Selain itu, penjual juga sebaiknya menginformasikan setiap detil informasi mengenai barang yang dijual di bagian deskripsi produk dengan baik dan sesuai dengan kondisi barang yang dijual. Sebuah Informasi yang lengkap mengenai sebuah produk bisa membantu pengunjung situs memutuskan, apakah ia mau membeli produk itu atau tidak. Yang paling utama adalah kita sudah berbuat untuk dapat dipercayai.

Buka mata pembeli dengan testimonial

Sebelum membeli sebuah produk, pembeli biasanya melakukan riset kecil-kecilan. Mereka menggali dan mengumpulkan informasi tentang produk yang akan dibeli. Misalnya, testimonial serta review para pelanggan sebelumnya. Testimonial dan review membantu pembeli mempelajari lebih lanjut tentang produk yang akan ia beli. Selain itu, rasa percaya pembeli bisa bertambah saat membaca testimonial atau review yang bernada positif.

Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah kita yang menulis sendiri review atau testimoni tersebut. Penjual bisa meminta pelanggan untuk menuliskan rekomendasi. Isi rekomendasi sebaiknya menceritakan pengalaman pembeli ketika menggunakan produk tersebut dan bagaimana pelayanan dari si penjual. Lalu, taruh testimoni tersebut di halaman utama toko online. Supaya pengunjung bisa membacanya.

Memberi tahu pembeli hal apa saja yang baru mereka lakukan

Buatlah pengunjung situs toko online bisa memverifikasi ulang produk apa saja yang akan ia beli. Pada proses check out, sebaiknya penjual me-review ulang barang yang akan ia beli. Mulai dari nama barangnya, jumlah pembelian, warna barang, dan ukuran barang.

Selain itu, berilah pembeli kesempatan untuk menukar atau mengubah produk yang akan dia beli. Agar penjual bisa menghindari pembeli yang salah tekan Add to Cart/Beli pada produk tertentu. Bila pengunjung toko online merasa nyaman, kepercayaan akan timbul dari diri mereka.

Miliki sikap perhatian

Perhatian dan kepedulian dapat menimbulkan kepercayaan. Penjual sebaiknya membuat pernyataan kepada pembeli bahwa setiap data personal yang dikumpulkan oleh pembeli akan aman dan tidak akan disalahgunakan. Selain itu, katakan pada pembeli untuk apa informasi-informasi tersebut akan digunakan. Misalnya, penjual harus memberikan data tersebut kepada partner bisnisnya. Pembeli harus mengetahui hal itu.

Deskripsikan secara jelas tentang aturan pengembalian barang

Berikan Informasi yang detail mengenai syarat dan cara pengembalian barang secara jelas di situs toko online. Misalnya, pengembalian produk bisa dilakukan jika produk tersebut mengalami kerusakan yang bukan karena akibat human error, ada yang kurang, atau ukurannya tidak tepat. Ataupun jika penjual tidak menerima pengembalian barang, nyatakan juga dengan jelas agar calon pembeli mengerti dan merasa tidak dibohongi. Dengan hal ini pengunjung toko online akan merasa nyaman jika informasi mengenai hal tersebut ia ketahui sebelum melakukan pembelian.

Pembeli bisa menghubungi penjual

Kepercayaan pembeli juga bisa muncul ketika mereka mengetahui bagaimana cara menghubungi penjual saat mereka merasa kesulitan akan sebuah hal. Oleh karena itu, sediakan informasi secara rinci dan akurat mengenai berbagai kontak penjual yang dapat dihubungi. (abya/dari berbagai sumber)
Share this article :

Posting Komentar

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : 'your link' | 'your link' | 'your link'
Copyright © 2014. ABYAKSA BUANA INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger